-->

Resep: Pisang Tanduk Goreng Viral ala Sobat Dapur yang Enak!

Pisang Tanduk Goreng Viral ala Sobat Dapur. Kali ini bang sobat kembali lagi dengan resep makanan zaman now nih, pisang goreng krispy. Tapi ini bukan pisang goreng yang kayak biasa di jual di pinggir jalan atau seperti yang pernah bang sobat bahas yaitu Pisang goreng madu ala bu naniek. Pisang goreng tanduk viral. sobat dapur.

Pisang Tanduk Goreng Viral ala Sobat Dapur Rasa pisang goreng pasti tambah lezat kalau kita menggunakan jenis pisang yang benar. Inilah pisang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan plantain atau pisang untuk keperluan masak. Pisang tanduk memiliki rasa yang agak asam. Teman-teman dapat menyiapkan Pisang Tanduk Goreng Viral ala Sobat Dapur hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Pisang Tanduk Goreng Viral ala Sobat Dapur!

Bahan-bahan Pisang Tanduk Goreng Viral ala Sobat Dapur

  1. Dibutuhkan 3-4 buah of pisang tanduk.
  2. Gunakan 200 gr of terigu protein rendah (me: kunci biru).
  3. Gunakan 20 gr of tepung tapioka.
  4. Diperlukan 1 butir of telur ukuran kecil, kocok lepas.
  5. Diperlukan 1 sdm of gula pasir.
  6. Gunakan 1/2 sdt of garam halus.
  7. Gunakan 1 sdt of vanili bubuk.
  8. Dibutuhkan 250 ml of air es/air dingin.
  9. Diperlukan 1 liter of minyak goreng.

Di Manggarai ada penjual pisang goreng tanduk tradisional yang tersohor. Ukuran pisangnya jumbo dengan rasa manis legit. Di sini ada pisang tanduk berbalut tepung yang digoreng hangat-hangat. Pisang tanduk adalah jenis pisang besar yang bentuknya melengkung dan juga runcing seperti sebuah tanduk.

Cara membuat Pisang Tanduk Goreng Viral ala Sobat Dapur

  1. Kupas pisang, iris tipis memanjang menjadi 4 bagian (me potong 2 lagi. 1 buah pisang jadi 8 potong). Kalau panjang2, harus pakai wajan yg gede dan minyaknya 2 liter. Jadi saya pakai wajan yg sedang aja dan minyak cukup 1 liter..
  2. Campur semua bahan kering: terigu kunci biru+tapioka+gula pasir+garam+vanila bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit, aduk pakai sendok makan aja. Aduknya pelan2 saja dan jangan terlalu banyak diaduk agar tepung pisang gorengnya renyah dan ga keras.
  4. Setelah bahan kering dan air tercampur rata, masukkan telur. Aduk rata kembali adonan. Adonan ga terlalu kental dan ga encer juga. Diamkan adonan beberapa menit (itu tambahan dari saya).
  5. Panaskan minyak goreng, sampai suhunya 140C...(gegara ini saya beli termometer khusus masak 😁).
  6. Sambil menunggu minyak panas, celupkan potongan pisang ke dalam adonan. Masukkan ke minyak yg sudah panas. Jika ga punya termometer masak, bisa kok dengan cara meneteskan sedikit adonan ke dalam minyak. Jika langsung mengambang, artinya pisang sudah bisa kita masukkan ke penggorengan..
  7. Perhatikan saat menggoreng pisang, kondisi pisang harus mengambang untuk menghasilkan pisang goreng yg kering dan krispi. Jika ingin tepungnya lebih tebal pada saat menggoreng kita bisa tambahkan adonan ke atas pisang yg sedang digoreng. Caranya ambil satu sendok adonan, siramkan ke atas pisang yang sedang digoreng. Pas mateng jadi keriting euy!.
  8. Waktu yang diperlukan untuk menggoreng pisang ini agar kering dan krispi sekitar 20 menit. Suhu mi nyak goreng jadi sekitar 150C...apinya sedang aja..
  9. Setelah pisang terlihat berwarna coklat keemasan, segera angkat dan tiriskan..

Buah pisang yang satu ini sering dijadikan makanan camilan dan diolah dengan cara direbus ataupun digoreng serta dihidangkan hangat. Pisang tanduk adalah pisang yang populer di Indonesia yang dijadikan bahan dasar pembuatan pisang goreng & aneka jenis makanan lainnya. Pisang tanduk - Indonesia merupakan negara yang subur dengan aneka tanamannya. Terbukti, sale pisang gulung kreasi Pak Bambang saat ini bisa tersebar ke beberapa toko dan swalayan yang ada di seputaran wilayah. Pisang goreng ala Thailand ini beda dari biasanya.

LihatTutupKomentar